.

Desain Grafis dan Ilmu komunikasi

Posted by Rino D.P | Posted on 03.14 | Posted in

Desain Grafis dan Ilmu komunikasi

Desain Grafis dalam pandangan ilmu komunikasi adalah metode menyampaikan pesan visual berwujud teks dan gambar dari komunikator kepada komunikan. Dalam mendesain surat kabar misalnya, desainer grafis memerlukan pengetahuan tentang kebiasaan sang pembaca media agar dengan mudah mendesain tata letak dan visual yang cocok. Ini dengan motif agar pesan yang hendak disampaikan oleh media tersebut diterima dan sampai pada pembaca

Pakar komunikasi, Everett M Rogers mengidentifikasi komunikasi sebagai proses dimana suatu ide dialihkan dari sumber kepada penerima atau lebih dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka. Sedangkan Shannon dari weaver (1949) memahami komunikasi sebagai bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka,seni, dan teknologi

Dalam tataran desain grafis , sumbr adalah anda sebagai desainer grafis dan klien anda. Sedangkan pesan yang disampaikan adalah berbagai informasi berupa berita,teks, foto, gambar dan ilustrasi yang ditata sedemikian rupa secara visual dan berseni. Dan disampaikan melalui media tertentu, kepada khalayak yang menjadi sasaran pesan. Lalu dalam prosesnya pesan yang anda sampaikan apakah menimbulkan efek disasaran atau tidak. Efek ini menadi umpan balik untuk membentuk pesan yang lain sebagai respon atau reaksi.

Comments (0)

Posting Komentar