.

Elemen-Elemen Desain Grafis

Posted by Rino D.P | Posted on 03.23 | Posted in

Elemen-Elemen Desain Grafis

Desain grafis sebagai seni dekat dengan apa yang kita sebut sebagai keindahan (estetika). Keindahan sebagai kebutuhan setiap orang. Mengandung nilai-nilai subyektivisme. Oleh sebab itu kualitas rasa seni seseorang pasti berbeda-beda pula. Nah, dalam menghasilkan karya visual desain grafis yang menarik dan bernilai seni, pemahaman elemen-elemen dasar desain grafis adalah wajib.
1.Garis
Garis dalam desain grafis dibagi menjadi 4, yaitu: vertical, horizontal, diagonal, dan kurva.Dalam pekerjaan desain grafis, garis digunakan untuk memisahkan posisi antara elemen grafis laninnya didalam halaman.
2.Bentuk
Jelas Sony Kartika : bentuk adalah suatu bidang yang terjadi ketika dibatasi oleh sebuah kontur (garis) atau dibatasi oleh adanya warna yang berbeda atau oleh gelap terang pada arsiran atau karenanya ada tekstur.
3.Ruang
Kusmiati dalam teori dasar desain komunikasi visual mengatakan ruang terjadi karena adanya persepsi mengenai kedalaman sehingga terasa jauh dan dekat, tinggi dan rendah, tampak melalui indr penglihatan
4.Tekstur
Tekstur adalah unsur rupa yang menunjukkan rasa permukaan bahan (meterial) yang sengaja dibuat dan dihadirkan dalam susunan untuk mencapai bentuk rupa, baik dalam bentuk nyata ataupun semu.
5.Warna
Warna ditimbulkan oleh perbedaan kualitas cahaya yang direfleksikan / dipancarkan oleh obyek

Comments (0)

Posting Komentar